Selasa, 27 Oktober 2009

Tutorial Membeli Laptop / Notebook

Seringkali keberadaan Laptop atau Notebook sudah menjadi pilihan utama pengguna komputer menggantikan keberadaan Komputer Desktop atau sering disebut PC. Namun sering kali kita bingung, Laptop apa yang sesuai dengan kebutuhan dan budget sehingga Laptop yang dibeli menjadi berfungsi maksimal.  Perlu juga diketahui bahwa upgrade pada Laptop hanya bisa pada beberapa bagian saja (Paling sering hanya pada RAM / Memory). Pada tutorial kali ini saya akan membahas sisi hardware laptop yang nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan dalam membeli laptop.

  1. Prosesor. Perlu diperhatikan dalam memilih prosesor. Pada umumnya ada dua merk prosesor yang kita kenal, yaitu Intel dan AMD. Disini saya akan membahas untuk merk intel saja dahulu karena yang banyak beredar dan dikenal adalah prosesor merk Intel. Pertama, untuk kebutuhan internet atau browsing dan word/shpreadsheet prosesing kita cukup memilih prosesor intel bertitel Intel ATOM. Bila laptop akan digunakan untuk multimedia diperlukan prosesor intel bertitel Dual Core. Sedangkan bila digunakan untuk programing, gaming dan prosfesional dibutuhkan prosesor intel bertitel Core2Duo atau diatasnya.
  2. Memory / RAM. Untuk masalah RAM dilihat dari sistem operasi (SO) yang akan digunakan. misal untuk untuk SO Windows XP digunakan 1GB RAM adalah cukup dan 2GB adalah baik. bila menggunakan Windows Vista/7 bisa menggunakan 2-3GB RAM. Untuk linux disarankan menggunakan 2GB RAM. Perlu diketahui untuk SO 32bit (x86) RAM maksimum yang dapat terbaca adalah 3,4GB. Bila ingin menggunakan RAM 4GB ke atas diperlukan SO 64bit (x64)
  3. VGA. VGA merupakan tempat untuk memproses gambar. Bisa dipilih VGA yang bermerk Intel GMA bila laptop tidak digunakan untuk graphic prosesing (Photoshop dan kawan-kawannya) ataupun Gaming. Untuk bisa nyaman ber-graphic prosesing dan gaming bisa dipilih VGA yang bermerk Nvidia ataupun ATi Radeon.
  4. Harddisk. Kebutuhan harddisk menjadi penting bila laptop digunakan untuk media download. Karena perlu media penyimpanan yang besar. Namun bisa diperkecil dengan memilih laptop yang memiliki DVD-R/W yang digunakan untuk burning DVD sehingga tidak semua data disimpan pada Harddisk.
  5. Layar. Pilihan layar kecil (12inchi kebawah) menjadi kebutuhan bila laptop lebih sering digunakan untuk bepergian dan bukan untuk graphic prosesing, multimedia dan gaming. Untuk Graphic prosesing, multimedia dan gaming dibutuhkan ukuran layar yang besar, berkisar dari 14inchi hingga 17inchi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar