Selasa, 27 Oktober 2009

Tutorial Memilih Handphone / Ponsel

Fungsi handphone atau ponsel pada sekarang ini sudah sangan bervariatif. Mulai dari hanya menerima dan membuat panggilan serta menerima dan membuat pesan singkat melalui Short Message Service (SMS) sampai Fungsi tambahan kamera, pemutar musik, GPS dan lainnya. Merk handphone yang tersediapun sekarang ini sudah banyak, beberapa diantaranya nokia, sony ericsson, HTC, BlackBerry, iPhone, Samsung, LG, Philips dan lainnya.
Ada yang menggunakan Java sebagai dasar aplikasi sampai menggunakan sistem operasi Symbian dan Windows Mobile. Dimana masing-masing handphone memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Maka ketika membeli sebuah handphone harus diperhatikan fungsi handphone apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan budget. Seperti misal akan menggunakan handphone sebagai fasilitas tambahan untuk mendengarkan musik dari mp3 maka pilihlah handphone yang menonjolkan fasilitas musiknya seperti pada Nokia XpressMusic dan Sony Ericsson seri Walkwman (W). Adapun juga bila handphone yang dibeli akan digunakan sebagai sarana pembantu dalam urusan kantor bisa membeli handphone yang menyediakan fasilitas office (Word, Spreadsheet, fax dan lainnya). Pilihan memiliki slot memory tambahan juga perlu diperhatikan pada saat memilih handphone untuk kebutuhan kamera, musik dan perkantoran. Adapun beberapa tips sebelum membeli handphone adalah (handphone baru) :
  1. Perhatikan budget yang dimiliki.
  2. Perhatikan fungsi tambahan handphone yang diperlukan. Apakah music, kamera, atau perkantoran.
  3. Perhatikan apakah kita memerlukan handphone yang memiliki sistem operasi untuk mendukung kebutuhan atau tidak. Karena biasanya handphone yang memiliki sistem operasi memiliki harga yang lebih tinggi.
  4. Sesuaikan dengan merk yang diinginkan.
  5. Lihat spesifikasi handphone yang diinginkan pada website resmi penjual handphone.
  6. Bandingkan harga pada setiap toko.

2 komentar:

  1. BB itu kepanjangannya BlackBerry mas Danny? bukannya sudah saya sebutkan pada kalimat

    Quote :
    Merk handphone yang tersediapun sekarang ini sudah banyak, beberapa diantaranya nokia, sony ericsson, HTC, "BlackBerry", iPhone, Samsung, LG, Philips dan lainnya.

    BalasHapus