Selasa, 08 Desember 2009

Tutorial Kabel UTP

Dalam pembangunan jaringan komputer, media perantara harus dipilih dengan baik. Baik itu melalui udara (Wireless) ataupun dengan kabel. Untuk media kabel, yang saat ini sering digunakan adalah kabel UTP (Unshielded Twisted Pair). Untuk kali ini akan dibahas khusus untuk kabel UTP.

Kabel UTP memiliki 8 kabel terpilin dengan panjang maksimum tanpa penguat (repeater) adalah 100meter. Topologi jaringan yang digunakan adalah topologi star (menggunakan hub/switch). Kabel UTP menggunakan RJ45 sebagai konektornya. Dimana dalam pemasangannya terdapat metode straight(menggunakan hub) dan crossover (pc to pc). Secara internasional sudah ditetapkan urutan standar warna kabel UTP.

Standar 568 A
- Putih Hijau
- Hijau
- Putih Orange
- Biru
- Putih Biru
- Orange
- Putih Coklat
- Coklat

Standar 568 B
- Putih Orange
- Orange
- Putih Hijau
- Biru
- Putih Biru
- Hijau
- Putih Coklat
- Coklat

Pemasangan kabel straight cukup menggunakan salah satu dari standar yang ada, sehingga tidak membingungkan nantinya bila ada maintenance. Sedangkan untuk kabel crossover dapat menggunakan standar A pada ujung 1 dan standar B pada ujung 2. Pada dasarnya untuk kabel crossover kabel yang tertukar adalah 1-3 dan 2-6.
Ingat, pada hub hanya boleh menggunakan kabel straight dan crossover baru diberikan bila dilakukan penumpukan hub dengan kondisi hub tidak memiliki uplink. Sedangkan pada switch boleh dipasangkan dengan kabel straight maupun kabel crossover.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar